Pendaftaran ketik REG*NAMA*KOTA*NOMOR HP*MD/AGEN kirim ke 085641234275

Sabtu, 18 September 2010

Lowongan CPNS Kab Temanggung Tahun 2010 sebanyak 207 Formasi

Pemkab Temanggung dipastikan akan membuka 207 formasi Lowongan Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS)  dari jalur umum pada tahun 2010 ini. Hal itu menyusul telah disetujuinya usulan tambahan formasi CPNS Daerah Pemkab Temanggung dari jalur umum oleh Menteri Negara (Menag) Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi, sejumlah 207 tersebut.

Kabid Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sri Hariyanto, di kantornya, Sabtu (21/8), mengatakan, surat pesertujuan dari Menag PAN dan Reformasi Birokrasi tertanggal 21 Juli, telah diterima pihaknya awal bulan lalu. Dari jumlah yang disetujui itu, kuota paling banyak adalah untuk guru kemudian diikuti tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

“Dari 207 formasi tersebut, sebanyak 93 merupakan kuota untuk guru, 62 tenaga kesehatan serta sejumlah 52 untuk tenaga teknis,” jelasnya.

Total kuota CPNS yang disetujui Pusat sebanyak 207 formasi itu, masih jauh di bawah kebutuhan Pemkab. Sebelumnya, Pemkab telah mengusulkan ke Pusat sebanyak 2.410 formasi untuk CPNS 2010 ini, yang jumlah itu merupakan kebutuhan riil tambahan CPNS Pemkab saat ini. “Barangkali karena ada berbagai faktor dan pertimbangan, termasuk terkait kemampuan keuangan negara, sehingga dari 2.410 formasi CPNS yang kita usulkan, akhirnya yang disetujui hanya 207 formasi,” tuturnya.

Menurutnya, dengan terbatasnya kuota CPNS dari pusat dibandingkan dengan kebutuhan Pemkab, yang merupakan usulan dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut, maka dalam menentukan jenis formasi yang akan dibuka, pihaknya menggunakan skala prioritas. Yakni, jenis-jenis formasi paling penting dan mendesak saja, yang akan dibuka.

Di samping itu, juga didasarkan pada proporsi usulan dari masing-masing SKPD. Ini berarti, jika suatu SKPD mengusulkan permintaan tambahan formasi CPNS sangat banyak, maka nantinya formasi yang akan dibuka jumlahnya juga akan lebih besar daripada formasi yang diusulkan SKPD dalam jumlah kecil.

“Karena berdasarkan skala prioritas ini, maka sangat dimungkinkan, ada SKPD yang sama sekali tidak akan bisa dipenuhi permintaan penambahan CPNS-nya pada tahun ini,” ungkapnya.

Dikatakannya, setelah menerima surat persetujuan penambahan CPNS dari Menag PAN dan Birokrasi tersebut, pihaknya kemudian telah menentukan jenis-jenis formasi yang akan dibuka dalam pendaftaran CPNS nanti. Daftar jenis-jenis formasi tersebut selanjutnya akan dikirim lagi ke Menag PAN dan Birokrasi dengan tembusan ke BKN untuk dikoreksi dan mendapatkan persetujuan.

Apabila telah disetujui Pusat, daftar itu lalu dikembalikan lagi ke BKD, dan akan dipakai sebagai acuan dalam mengumumkan pendaftaran seleksi CPNS 2010. Biasanya, dalam jangka waktu 1 hingga 2 bulan setelah persetujuan jenis-jenis formasi itu diterima BKD, kemudian pendaftaran seleksi CPNS akan diumumkan. ref : sm

Buat yang mau persiapan latihan soal CPNS, dapat download latihan soal di link berikut:
Latihan Soal CPNS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar